Thursday, January 28, 2010

Liputan Media (tempo Interaktif) Aksi 28 Januari 2010 (100 hari pemerintahan Sby)

Ratusan Mahasiswa UI dan ITB Berangkat Ke Bundaran HI

Kamis, 28 Januari 2010 | 11:18 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta -Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM-UI) dan Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (KM-ITB) bersiap berangkat ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Di sana, para mahasiwa tersebut akan melakukan aksi berkaitan dengan 100 hari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelum berangkat, para mahasiswa tersebut melakukan orasi dan meneriakkan tiga tuntutan yang diusung.

Tiga tuntutan tersebut, antara lain menuntut penyelesaian kasus hukum Bank Century, menuntut presiden menganggarkan 20 persen anggaran pendidikan, dan menuntut adanya renegoisasi pemberlakuan perdagangan bebas ASEAN-Cina.

Salah seorang demonstran menegaskan bahwa aksi ini dilakukan untuk menuntut presiden memenuhi tiga tuntutan dan bukan penurunan. "Kita hanya minta presiden penuhi tuntutan, bukannya akan menurunkan presiden," ujar demonstran, Kamis (28/01).

Sementara itu Ketua BEM-UI, Imaduddin Abdullah mengatakan untuk membawa para rombongan mahasiswa, pihaknya sengaja empat sampai lima bus. "Kita gunakan bus untuk angkut teman-teman dari UI dan ITB," ujarnya kepada Tempo. Keberangkatan mereka juga tanpa pengawalan kepolisian. Para rombongan berangkat sekitar pukul 11:20 WIB.

Kepala Pos Polisi UI, Ipda Samiyono mengatakan pihaknya sebenarnya sudah menawarkan pengawalan. "Kita sudah tawarkan tapi mereka bilang tidak usah," katanya.

Ia juga membantah berita adanya pelarangan rombongan bus yang membawa mahasiswa ini menuju Jakarta. "Tak ada larangan itu. Kita di lingkungan kampus justru untuk mengatur lalu lintas yang agak macet karena ada persiapan aksi," ujarnya.

TIA HAPSARI

http://www.tempointeraktif.com/hg/jakarta/2010/01/28/brk,20100128-221942,id.html

No comments:

Post a Comment