Wednesday, April 28, 2010

Liputan Media (SinarHarapan) Aksi 28 April 2010 (Mimpi Pendidikan Indonesia)

Rabu 28. of April 2010 11:18

BEM UI UNJUK RASA KE KEMDIKNAS



Depok,  Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia berunjuk rasa ke Kementerian Pendidikan Nasional, menuntut Pemerintah untuk bertanggung jawab atas pembiayaan pendidikan.

"Kami menginginkan pendidikan diwujudkan sebagai hak dasar setiap warga negara," kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Imaduddin Abdullah, sesaat sebelum meninggalkan kampus UI Depok menuju Kemdiknas di Jakarta, Rabu siang.

Para mahasiswa yang berjumlah sekitar 50 orang tersebut menggunakan jaket almamater berwarna kuning. Mereka berangkat dengan menggunakan miniarta yang telah disewa pukul 10.30 WIB.

Imaduddin mengatakan BEM UI membawa tiga tuntutan yaitu menuntut negara bertanggung jawab atas pembiayaan pendidikan Indonesia, pengelolaan lembaga pendidikan yang menganut prinsip-prinsip tata kelola yang baik dan melibatkan setiap pemangku kepentingan.

Mahasiswa juga menuntut adanya otonomi dalam bidang akademik dan keilmuan berdasarkan tri dharma perguruan tinggi dengan melibatkan setiap pemangku kepentingan.

Mengenai solusi untuk mengganti BHP yang telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi, Imaduddin mengatakan tidak masalah dengan adanya usulan UU otonomi kampus atau dikeluarkannya Perppu pengganti UU BHP.

"Tidak masalah dengan nama undang-undang apapun, tapi yang penting adalah memperhatikan tiga tuntutan yang telah kami ajukan," katanya.

Ini semua, kata dia, untuk kepentingan masyarakat agar mendapatkan pendidikan yang layak. "Jadi pendidikan bukan hanya untuk kalangan tertentu saja," ujarnya.

Ia menilai dibatalkannya UU BHP merupakan momentum introspeksi paradigma bagi penuysunan kebijakan pendidikan, saatnya kebijakan tersebut disesuaikan dengan cita-cita negara yang dimuat dalam UUD 1945. (ant)

http://www.sinarharapan.co.id/berita/content/browse/6/read/bem-ui-unjuk-rasa-ke-kemdiknas/

No comments:

Post a Comment