Friday, April 8, 2011

Macet?

Salah Infrastruktur? atau Salah "kita" sebagai pengguna jalan?, itulah yang terlintas dalam pikiran saya ketika setiap pagi dan sore saya harus rutin bertemu dengan kemacetan seperti ini :


atau yang seperti ini :


mungkin sudah banyak penelitian tentang kemacetan, dan saya juga tidak bisa menjelaskan secara ilmiah bagaimana cara mengatasi kemacetan di jakarta yang punya slogan visit yaitu "ENJOY JAKARTA".

Ingat-ingat tentang slogannya, mungkin yang dimaksud dengan slogan itu adalah "ENJOY aja kalau MACET", "ENJOY aja kalo semrawut", "ENJOY aja kalau kelaman dijalan", dan "Enjoy aja klo telat di marahin bos karena alasan macet". Lalu siapa yang salah?

jika melihat dari bagan dibawah ini, maka pengguna jalan dan infrastruktur merupakan bagian terkecil dari penyebab kemacetan.


kita tahu bahwa pertumbuhanan infrastuktur jalan di jakarta tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan bermotor. Bahkan, hingga saat ini tercatat jumlah kendaraan bermotor sudah mencapai 6,5 juta unit, di mana 6,4 juta unit atau 98,6 persen merupakan kendaraan pribadi dan 88.477 unit atau sekitar 1,4 persen adalah angkutan umum, dengan pertumbuhan kendaraan mencapai 11 persen setiap tahunnya. Sedangkan panjang jalan yang ada 7.650 Km dengan luas 40,1 Km2 atau 6,2% dari luas wilayah DKI, dengan pertumbuhan jalan hanya sekitar 0.01 % per tahun. Bandingkan dengan pertumbuhan kendaraan jalan, dari angka itu jelas pertumbuhan jalan tidak mampu mengejar pertumbuhan kendaraan, sehingga wajar saja terjadi kemacetan hampir di setiap ruas jalan. Dan tentunya kemacetan itu semakin lama akan semakin parah.
Buat masalah itu biarlah pemerintah daerah dan pemerintah kota yang mengurusi!


Unsur yang satunya yaitu pengguna jalan. Pengguna jalan yang saya maksud disini yaitu pejalan kaki, pengendara motor dan mobil. Pada sore hari semua orang hanya fokus pada "CEPAT SAMPAI RUMAH" tanpa mempedulikan orang lain. Saling serobot, mengambil jalur orang lain dll.

coba deh Sabar sedikiiiit aja, misal :
-jangan saling serobot dengan pengendara didepan anda(pada saat macet)
-tetap sabar berada dijalur kita (pengendara motor jangan ambil jalan lain arah)
-tetap mematuhi rambu lalu lintas (Lampu merah, Garis berhenti di lampu merah, dll)
-nyebrang jangan sembarang

coba aja tiga hal ini dijalanin,, dari diri kita dulu deh, awal-awal saya ngejalanin ini sih emang berat banget, bawaannya mau cepet buru-buru sampe rumah, padahal saya melupakan sesuatu yang kadang terlintas kalau "YA GW NIH SEBENERNYA YANG BIKIN JAKARTA MAKIN MACET", so... yuuuk kita jalanin hal itu, semoga langkah kecil kita bisa mengurangi sedikit kemacetan. tetap ingat yah, sedikit-demi sedikit lama-lama menjadi bukiit.

I WISH JAKARTA LANCAAAAAAAR.... AAmiin

No comments:

Post a Comment